language :: English | Indonesia
UIMA Repository

Hubungan Kualitas Layanan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan RSUD Budhi Asih Tahun 2022

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Rodiah, Siti
dc.date.accessioned 2023-01-27T02:29:10Z
dc.date.available 2023-01-27T02:29:10Z
dc.date.issued 2022-12-06
dc.identifier.citation Rodiah, Siti. 2022. Hubungan Kualitas Layanan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan RSUD Budhi Asih Tahun 2022, Jakarta: UIMA id
dc.identifier.uri http://repository.uima.ac.id/xmlui/handle/123456789/6692
dc.description.abstract Kepuasan pasien merupakan salah satu variabel penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan hasil penilaian dari pandangan pasien dengan membandingkan harapan sesuai dengan kenyataan. Variabel penting lainnya adalah citra rumah sakit. Citra yang baik akan dapat meningkatkan keberhasilan rumah sakit dan sebaliknya citra yang buruk akan memperburuk kestabilan suatu rumah sakit pula. Pasien akan cenderung setia dan bertahan terhadap pilihannya apabila rumah sakit mampu memberikan kualitas pelayanan terbaik terhadap pasien dan pasien merasakan penawaran-penawaran terbaik dari rumah sakit, baik itu mutu layanan, produk maupun kinerja terbaik yang telah diberikan rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas layanan berdasarkan variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan citra rumah sakit terhadap kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Budhi Asih tahun 2022. Metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 584 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode Slovin, diperoleh sampel sebanyak 86 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji penelitian chi-square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan kualitas layanan dari bukti fisik (p=0,002), keandalan (p=0,000), daya tanggap (p=0,000), jaminan (p=0,000), empati (p=0,000), dan citra rumah sakit (p=0,000) terhadap kepuasan pasien. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan agar manajemen RSUD Budhi Asih dapat melakukan evaluasi kualitas layanan dan citra rumah sakit sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. id
dc.language.iso other id
dc.publisher Universitas Indonesia Maju id
dc.subject Kualitas Pelayanan, citra rumah sakit, kepuasan pasien. id
dc.title Hubungan Kualitas Layanan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan RSUD Budhi Asih Tahun 2022 id
dc.type Thesis id


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku