Abstract:
Penggunaan gadget pada anak prasekolah semakin meningkat. Hal tersebut dapat
mempengaruhi tingkat kecemasan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan durasi bermain gadget anak prasekolah dengan tingkat
kecemasan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional.
Variabel independen penelitian ini yaitu durasi bermain gadget sedangkan variabel
dependennya yaitu tingkat kecemasan orang tua. Populasi penelitian ini yaitu orang
tua yang memiliki anak usia pra sekolah dengan jumlah 55 responden. Teknik
pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian durasi
bermain gadget menggunakan lembar ceklis, sedangkan intsrumen tingkat
kecemasan orang tua menggunakan modifikasi GAD-7 (General Anxiety Disorder-
7) yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, analisis data penelitian ini
menggunakan uji Spearman Rho. Hasil diperoleh p=0,000 < α (0,05) yang berarti
H0 ditolak atau ada hubungan durasi bermain gadget anak prasekolah dengan
tingkat kecemasan orang tua atau besar keeratan hubungan 0,547 atau cukup besar
atau cukup kuat di RT.06 Jagakarsa, Jakarta Selatan, Tahun 2021. Adanya
hubungan durasi bermain gadget pada anak prasekolah dengan tingkat kecemasan
orang tua. sehingga dapat disarankan orang tua untuk lebih ekstra pengawasan pada
anak dalam penggunaan gadget dengan baik dan durasi yang sudah ditentukan.