Abstract:
PT. PLN (Persero) sebagai perusahaan BUMN di Indonesia yang bertugas
menyuplai serta mengatur pasokan listrik. PT PLN Enjiniring bergerak dibidang
pembangkit listrik (pengawas dalam proyek) dan PLN Enjiniring yang mengawasi
dalam kerja kontraktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui iklim
komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan di PT Prima
Layanan Nasional Enjiniring. Metode penelitian ini menggunakan penelitian
kualitatif dengan desain deskriptif dan menggunakan pendekatan observasi
dimana data yang digunakan adalah data primer dari hasil pengamatan,
wawancara, dan studi dokumentasi, dan data sekunder yang digunakan dalam
tinjauan studi kepustakaan untuk mempertajam teori. Hasil pimpinan tidak
melakukan komunikasi secara intensif kepada para bawahannya, pimpinan tidak
memberikan motivasi secara langsung baik materil maupun moril, kebebasan
berpendapat diharuskan adanya koordinasi dalam pengambilan keputusan dan
yang mempunya hak pengambil keputusan adalah atasan yang berwenang. Terkait
kinerja karyawan dalam penyelesaian pekerjaan tugas masih ada yang tidak sesuai
target, penyelesaian pekerjaan tidak sesuai target sehingga harus memperpanjang
kontrak kerja proyek, masih ada teknologi yang dapat menghambat pekerjaan
karena sering terjadi kerusakan mesin maupun jaringan internet. Kesimpulan
iklim komunikasi organisasi yang baik antara pimpinan dan bawahan dapat
meningkatkan kinerja karyawan di PT Prima Layanan Nasional Enjiniring. Saran
pemimpin harus partisipasi dalam membuat keputusan dengan selalu meninjau
kinerja dan memonitoring pekerjaan para karyawannya agar dapat memutuskan
keputusan yang sesuai keinginan karyawan.